HARI PERTAMA SEKOLAH YANG PENUH CERIA

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang dikenal dengan MPLS merupakan kegiatan rutin yang di selenggarakan oleh setiap sekolah pada tahun ajaran baru. Kegiatan tersebut merupakan ajaran sekolah mengenalkan program dan kegiatan yang ada di sekolah, mengenalkan aturan dan tatatertib yang ada disekolah, sarana prasarana sekaligus perkenalan siswa baru dengan para guru, juga antara siswa

Hari pertama MPLS SDIT Al Fitrah tahun pelajaran 2022/2023 dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2022, selang sehari dengan jadwal yang ditentukan pemerintah kota Bandung yaitu tanggal 18 Juli 2022. Hal ini terjadi karena SDIT Al Fitrah harus berbagi tempat dengan unit lain yang ada di lingkungan Yayasan pembina masjid Al Fitrah yaitu TK dan SMP.  Keseruan terjadi pada hari pertama ini, dimana sejak pagi hari Siswa masuk ke gerbang sekolah disambut oleh para guru dengan riang gembira. Ucapan salam dari para guru dan siswa saling bersahutan disertai elusan tangan lembut dari para guru terhadap pundak dan kepala siswa menambah  keakraban yang keceriaan.

Pada saat pembukaan semua Siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 berkumpul di lapangan yang cukup luas. Acara dimulai dengan ucapan bismillah oleh 2 MC yang cukup beken yaitu Pak Asep Jaenal Budiman dan Ibu Ega Rahayu, dilanjutkan dengan tilawah Al Quran oleh bapak Ilham serta disusul dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Al Fitrah. Acara selanjutnya arahan dan sambutan dari kepala Sekolah Bapak Sulaeman, M.Pd.I. Kobaran semangat dan sambutan yang antusias mengajak siswa untuk kembali bersemangat mengikuti kegiatan secara normal. Setelah hampir 3 tahun  kegiatan sekolah tidak berjalan dengan baik karena ada pandemi Covid-19. Tahun ini sekolah merencakan kegiatan sekolah secara normal dengan berbagai kegiatan yang sudah disiapkan. Lebih lanjut bapak kepala sekolah dalam sambutannya mangajak semua siswa untuk memiliki 3 sifat utama yang mana 3 sifat itu merupakan jargon SDIT Al Fitrah yairu Sholeh-Cerdas dan Kreatif. Kepala sekolah juga menyanjung semua siswa. ..” Ananda semua adalah para juara, anak-anak hebat karena tidak mudah masuk ke SDIT Al Fitrah, banyak saingannya. Oleh karena itu manfaatkanlah kesempatan ini untuk belajar dengan sebaik-baiknya, hormati guru dan muliakannya orangtua Ananda semua..” pungkasnya..

Sambutan selanjutnya di sampaikan oleh Ketua Yayasan Pembina masjid Al Fitrah Bapak Ir. K. Rusnandar sekaligus membuka kegiatan MPLS secara resmi.

Dan sambutan terakhir adalah perwakilan dari Orangtua siswa Bapak Ir. H. Asep Ruslan MS sekaligus simbolis penyerahan siswa baru kepada kepala sekolah yang diwakili oleh putrinya yaitu Nabila Kalila Khansa. Bapak Asep menyampaikan kebanggaannya bisa memasukan anak nya ke SDIT Al Fitrah. “..saya tidak salah memasukan putri saya kesini, karena sekolahnya luar biasa kami sudah menerima informasi terkait program sekolah ini pada kegiatan parenting hari sabtu kemarin, programnya hebat-hebat. untuk itu kami titipkan putra/putri kami disekolah ini untuk dibina dan dididik oleh bapak/ibu guru” tuturnya.

Kegiatan yang paling seru adalah saat perkenalan para guru, diiringi dengan lagu sunda Manuk Dadali dengan tariannya kahsanya, Ibu-Ibu guru maju kedepan sambil terus menari dan disambut oleh siswa/i dengan tepukan tangan dan teriakan. Setelah menari, Ibu-ibu guru mundur ke belakang kemudian bagian bapak-bapak guru maju ketengah lapang dengan di diiringi lagu Tokecang dan tarian seperti petani mencangkul. Dengan pakaian ala sunda kebaya bagi ibu guru dan pangsi berselandang sarung bagi bapak-bapak serta pernak pernik lainnya seperti kumis, golok, nyiru, boboko yang di bawa oleh Ibu-ibu menambah kemeriahan acara tersebut yang di sambut histeris oleh siswa-siswi dan orang tua siswa yang hadir. Selanjutnya tibalah perkenalan semua guru, mulai dari kepala sekolah dan semua guru-guru beserta tugasnya.

Setelah pembukaan, semua siswa masuk ke kelas masing-masing. Acara dilanjutkan besama wali kelas dan guru pendamping di dalam kelas. Kegiatan MPLS ini akan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 19 – 22 Juli 2022. Kegiatan Pembiasaan, Perkenalan program UKS, BK, Perpustakaan, aturan dan tata tertib sekolah, perkenakan ekskul, lomba-lomba dan senam pagi merupakan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada 3 hari berikutnya. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadikan ajang untuk saling menyemangati, menambah kebahagiaan dan keceriaan,  dan menjadi bekal semua siswa untuk lebih siap mengikuti pembelajaran dengan baik.

susi nursyahadah

susi nursyahadah

Leave a Replay